PROFIL RA KARANG
Uraian kondisi RA KARANG menyangkut:
A. Latar Belakang Lingkungan Sekolah
1.
Sejarah RA RA KARANG
RA KARANG yang bertempat di RT 02 RW 01 Desa
Jajar kec Gandusari kab. Trenggalek. Letak Geografus RA KARANG
-
Sebelah selatan perumahan warga desa
jajar
-
Sebealah Barat perumahan warga desa Jajar
-
Sebelah Utara
masjid al ikhlas
- Sebelah timur jalan raya desa jajar
2.
Lokasi RA/BA/TA
RA KARANG yang bertempat di RT 02 RW 01 Desa
Jajar kec Gandusari kab. Trenggalek
B.
Fungsi dan Tugas RA KARANG
1.
Fungsi RA KARANG
Fungsi RA KARANG adalah membina, menumbuhkan dan mengembangkan seluruh potensi anak usia
dini secara optimal sehingga terbentuk perilaku dan kemampuan dasar sesuai
dengan tahap perkembangan agar memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan
selanjutnya.
Secara khusus
fungsi RA KARANG adalah memberikan pelayanan pendidikan untuk usia 3 - 6 tahun dalam rangka:
a. Mengembangkan seluruh kemampuan yang dimiliki anak seusia dengan tahap
perkembangannya.
b. Mengenalkan anak dengan dunia sekitar
c. Mengembangkan sosialisasi anak
d. Mengenalkan peraturan dan menanamkan disiplin pada anak
e. Memberikan kesempoatan kepada anak untuk belajar melalui bermain
f. Memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan selanjutnya.
2.
Tugas RA KARANG
a. Menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar untuk kelompok ( A I usia 3-4 tahun ), ( Kelompok A 2 – A 4 usia
4-5 tahun ) dan ( kelompok B I – B 3 usia 5-6 tahun ) sesuai dengan kurikulum yang berlaku
b. Memberikan bimbingan dan penyuluhan bagi anak-anak yang mengalami kesulitan
dan bagi orang tua yang memerlukannya.
C. Potensi yang
Dimiliki RA KARANG
1.
Sarana dan Prasarana
a. Lokasi
Pendirian RA KARANG
yang berlokasi di Kelurahan Tosaren ini telah memperhatikan dan memenuhi perysaratan lingkungan yaitu: faktor
keamanan, kebersihan, ketenangan, dekat dengan permukiman penduduk yang relatif
banyak serta faktor kemudahan transportasi
b. Luas tanah
Luas tanah RA KARANG adalah gabungan dari bangunan MI keseluruhan adalah 1500 m2 dengan perincian
- RA 150 m2
- Luas gedung 560 m2
- Luas halaman 940 m2
Dengan luas gedung dan halaman tersebut, maka dapat memenuhi keperluan
ruang gerak anak untuk belajar dan bermaun dengan nyaman dan menyenangkan.
No
|
Komponen
|
Analisis
Kondisi RA
|
Keterangan
|
||
Sangat memenuhi
|
Cukup memenuhi
|
Kurang memenuhi
|
|||
A
|
Prasarana
|
|
|
|
|
1
|
Lokasi
|
|
v
|
|
|
2
|
Kepemilikan tanah dan luas tanah
|
|
v
|
|
|
3
|
Bangunan Gedung
|
|
v
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B
|
SARANA
|
|
|
|
|
1
|
Ruang kelas
|
|
v
|
|
|
2
|
Ruang kegiatan bermain bebas
|
|
v
|
|
|
3
|
Ruang Kantor (kepala RA)
|
v
|
|
|
|
4
|
Ruang Guru/TU
|
v
|
|
|
|
5
|
Ruang Dapur
|
|
v
|
|
|
6
|
Ruang Gudang
|
|
|
|
|
7
|
Kamar Mandi/WC Guru
|
v
|
|
|
|
8
|
Kamar Mandi/WC anak
|
|
v
|
|
|
9
|
Alat permainan
Edukatif di dalam kelas
|
|
v
|
|
|
10
|
Alat Permainan
Edukatif di luar kelas
|
|
v
|
|
|
Berdasarkan analisis kondisi tersebut di atas, sarana dan prasarana RA Al Irsyad Al Islamiyyah yang meliputi (1) lokasi yang strategis, aman, bersih dan dekat permukiman
penduduk; (2) tanah hak pakai dan luas lahan tanah sangat mencukupi; (3)
bangunan gedung yang kondisinya cukup baik dan mencukupi serta didukung sarana
yang meliputi ruang kelas, ruang kegiatan bermain bebas, kantor kepala. Kamar
mandi/WC siswa ada meskipun kurang sempurna serta didukung alat permainan
educatif (APE) di dalam kelas maupun di luar kelas yang cukuo terpenuhi
meskipun belum lengkap dan untuk meningkatkan keberhasilan pelaksanaan
kurikulum di RA Al Irsyad Al Islamiyyah sarana dan prasarana tersebut kelengkapanm dan kualitasnya akan diupayakan
secara terus menerus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar