Jumat, 24 Februari 2012

PROTA RA


PROGRAM TAHUNAN
KURIKULUM RA KARANG
KELOMPOK B
TAHUN PELAJARAN 2011-2012


Lingkup Perkembangan

Tingkat Pencapaian
Perkembangan
5  6 tahun


Indikator
Nilai – nilai Agama dan Moral
1.Mengenal Tuhan melalui Agama ang dianut
1.Menyebutkan 6 rukun iman
2.Menyebutkan beberapa ciptaan Allah
3.Menyebutkan sifat – sifat allah
4.Menyebutkan Asmaul Husna
5.Menyebutkan nama-nama Malaikat Allah
6.Menyebutkan beberapa Nabi / Rasul Allah
7.Menyebutkan nama – nama kitab suci Allah
8.Menyebutkan 5 rukun islam
9.Menyebutkan 2 kalimah syahadat
10.Mengucapkan Kalimah Thoyyibah
11.Menyanyikan lagu-lagu islami
12.Menghafal hadis – hadis pendek pilihan
13.Mengenal Bahasa Arab sederhana

2.Membiasakan diri beribadah
1.Menyebutkan  Huruf Hijaiyah
2.Dapat membaca rangkaian huruf hijaiyah yang bersyakal
3.Menghafal beberapa surat pendek
4.Mempraktekkan tahapan  wudhu / tayammum
5.Mempraktekkan tahapan gerakan sholat mulai takbirotul ihrom sampai dengan   salam
6.Mempraktekkan infaq dan sodaqoh



Lingkup Perkembangan

Tingkat Pencapaian
Perkembangan
5  6 tahun


Indikator




3.Memahami perilaku mulia ( jujur, penolong, sopan, hormat, dsb )
1.Membiasakan berdo’a sebelum melakukan kegiatan
2.Membiasakan berdo’a sesudah melakukan kegiatan
3.Melakukan perbuatan baik terhadap semua makhluk Allah
4.Membiasakan anak berbicara jujur
5.Membiasakan berbicara dengan sopan
6.Menghormati kepada orang tua ( guru, bapak / ibu dan orang yang lebih  tua )


4.Membedakan perilaku baik dan buruk
1.Menyebutkan perbuatan yang salah dan yang benar
2.Menunjukkan perbuatan – perbuatan yang benar dan yang salah
3.Melakukan perbuatan baik
4.Meninggalkan perbuatan buruk

5.Mengenal ritual dan hari besar agama
1.Melakukan ibadah bulan ramadhan
2.Melakukan ibadah bulan syawal
3.Melaksanak ibadah di bulan Dzulhijah  4.Praktek Adzan dan Iqomah

6.Menghormati agama orang lain
1.Menghormati teman yang sedang beribadah
2.Dapat hidup berdampingan dengan teman beragama lain
 3.Mengenal toleransi beragama
II. Fisik
A.Motorik Kasar

1.Menirukan gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan, keseimbangan dan kelincahan
1.Melakukan gerak seimbang pada saat duduk dan berdiri.
2.Memutar dan mengayunkan tangan.
3.Meliukkan tubuh dan membungkukkan badan  .
4.Berdiri dengan tumit  diatas satu kaki dngan seimbang.
5.Berjalan diatas satu kaki dngan seimbang.
6.Berlari sambil melompat dengan seimbang tanpa jatuh.
7.Memanjat,bergantung dan berayun .
8.Naik otopet,sepeda  roda dua.
9.Bermain simpai.





Lingkup Perkembangan

Tingkat Pencapaian
Perkembangan
5  6 tahun


Indikator




2.Melakukan koordinasi gerakan kaki- tangan-kepala dalam melakukan tarian / senam
1,Mengikuti gerakan senam dengan runtut.
2.Mengikuti gerakan tari sederhana sesuai  
   irama musik.
3.Senam fantasi sesuai dengan tema,misal:meniru gerak binatang, meniru gerak tanaman dengan lincah



3.Melakukan permainan fisik dengan teratur

1.Berjalan ke berbagai arah dengan berbagai cara.
2.melompat ke berbagai arah dengan satu atau dua kaki.
3.Melompat dari ketinggian 30 -50 cm.
4. Merayap dan merangkak dengan berbagai variasi.


4.Trampil menggunakan tangan kanan dan kiri
1.Melambungkan berbagai objek dalam bentuk dan ukuran dengan  satu atau   dua tangan.
a.Melambungkan bola  kecil sedang dan besar
b.Melambungkan mainan dari kertas
c.Melambungkan balon dll.
2.Menangkap berbagai objek dalam bentuk dan ukuran dengan satu atau dua tangan.
-Menangkap bola kecil sedang dan besar
-Menangkap kantong biji
3.Melempar objek ke sasaran (kantong biji,bola kedalam keranjang) dll.
4.Memantulkan bola kecil,sedang dan besar.


5.Melakukan kegiatan kebersihan diri
1,Melakukan kegiatan membersihkan badan(mandi,sikat gigi,buang air kecil dan buang air besar ) sendiri.
2.Mecuci alat makannya sendiri.
3.Latihan mencuci pakaiannya sendiri dengan bantuan.




Lingkup Perkembangan

Tingkat Pencapaian
Perkembangan
5  6 tahun


Indikator



B.Motorik Halus

1.Menggambar sesuai gagasannya.
a. Menggambar dengan berbagai bentuk gometri
b. Menggambar sesuai dengan tema
c .Menggambar bebas dengan berbagai media
2.Meniru bentuk.
1.Menirukan berbagai bentuk garis tegak, datar, miring, lengkung dan lingkaran )
2. Melipat dengan berbagai bentuk
3.Mencontoh gambar
3.Melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan.
1.Membentuk dengan media ( plastisin, plydough / tanah liat )
2.Menjahit dengan berbagai bentuk variasi ( jelujur,silang, zig zag )
3.Mencocok bentuk yang dibuat sendiri/ disediakan guru
4.Menyusun balok berbagai ukuran menjadi bentuk tertentu
5.Meronce dengan berbagai media
6.Melukis dengan jari /finger painting
7.Bermain warna
4.Menggunakan alat tulis dengan benar.
1.Memegang alat tulis dengan benar
a.Memegang pensil dengan benar
b.Menggunakan alat tulis dengan benar
c.Membuat berbagai macam coretan dengan pensil
2.Mencontoh bermacam-macam huruf
3.Melanjutkan huruf dalam kalimat

5.Menggunting sesuai dengan pola.
1.Menggunting dengan berbagai bentuk
2.Membuat mainan dari  hasil menggunting
6.Menempel gambar dengan tepat.
1.Menempel gambar hasil merobek kertas sesuai dengan pola
2.Menempel gambar/ puzzel
3.Menempel guntingan kertas / muzaik
4.Menempel gambar hasil mencocok
7.Mengekspresikan diri melalui gerakan mnggambar secara detail.
1.Menggambar bebas
2.Melukis dengan berbagai media (misal: menggunakan bulu ayam, kuas, lidi dll )



Lingkup Perkembangan

Tingkat Pencapaian
Perkembangan
5  6 tahun


Indikator



C. Kesehatan Fisik
1.Memiliki kesesuaian antara usia dengan berat badan
1.Menimbang berat badan anak secara berkala.
2.Memiliki kesesuaian antara usia dengan tinggi badan
1Mengukur tinggi badan anak secara berkala.
3.Memiliki kesesuaian antara tinggi dengan berat badan
1.Mengukur lingkar kepala
3.Mengukur lingkar lengan
3.Menjaga kebersihan diri secara lengkap   (Rambut,gigi,kuku,telinga dan kulit )
4.Membiasakan makan secara teratur .
5.Melatih pola makan yang seimbang.

III.BAHASA
A.Menerima bahasa
1.Mengerti beberapa perintah secara bersamaan
1.Melakukan 3-4 perintah
2.Meniru kembali 4-5 kata
3.Melakukan perintah  ( jongkok duduk dan berdiri, Menghadap kanan dan kiri, dll )
4.Menyebutkan  arah ( selatan, utara  barat , timur , atas dan bawah )

2.Mengulang kalimat yang lebih kompleks
1.Menirukan beberapa lagu sederhana
2.Menirukan sajak/syair
3.Mengulang kalimat yang disampaikan oleh guru

3.Memahami aturan dalam suatu permainan
1.Mentaati aturan permainan
B.Mengungkapkan Bahasa
1.Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks
1.Menjawab pertanyaan keterangan /  /informasi.
2.Menjawab pertanyaan ( apa, mengapa, di mana, siapa, berapa, dll )
3.Menyebutkan identitas diri
4.Menjawab pertanyaan tentang cerita pendek yang sudah diceritakan guru

2.Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama
1.Menyebutkan berbagai bunyi / suara tertentu
2.Mengelompokkan macam-macam gambar yang mempunyai bunyi yang sama





3.Berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol untuk persiapan membaca
1.Bercerita tentang kejadian sederhana di sekitarnya
2.Memberi keterangan / informasi tentang sesuatu hal


Lingkup Perkembangan

Tingkat Pencapaian
Perkembangan
5  6 tahun


Indikator

4.Menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap
1.Membuat kalimat sderhana
2.Melengkapi kalimat sederhana
3.Menyempurnakan kalimat
5.Memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekspresikan ide pada orang lain
1.Mengekspresikan diri melalui dramatisasi
2.Melengkapi kalimat sederhana yang sudah dimulai oleh guru.
3.Mengungkapkan pendapat secara sederhana
6.Melanjutkan sebagian cerita / dongeng yang telah diperdengarkan
1.Melanjutkan cerita guru / teman secara urut
yang telah didengar
2.Menceritakan cerita guru / teman yang telah didengar
C.Keaksaraan
1.Menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal
1.Mengenal huruf abjad
2.Mengenal angka
2.Mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada di sekitarnya
1.Membedakan kata yang mempunyai suku kata awal/akhir yang sama: kaki, kali, nama, sama
3.Menyebutkan kelompok gambar yang mempunyai bunyi / huruf awal yang sama
1.Menyebutkan kata, misal:  buku-bulan, katak – kadal, apel-anggur dll
2.Menghubungkan gambar / benda dengan kata - kata
4.Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf
1.Membaca beberapa kata berdasarkan gambar huruf – huruf dan lambang yang dikenal / dilihatnya
2.Membuat gambar dan menceritakan isi gambar dengan beberapa cerita/tulisan yang sudah berbentuk huruf

5.Membaca nama sendiri
1.Menyebutkan nama sendiri dengan lengkap
2.Mengenali benda milik sendiri ( absen, buku, crayon, dll )

6.Menuliskan nama sendiri
1. Menuliskan nama sendiri dengan lengkap






Lingkup Perkembangan

Tingkat Pencapaian
Perkembangan
5  6 tahun


Indikator



IV.KOGNITIF
A.Pengetahuan Umum dan Sains
1.Mengklasifikasi benda berdasarkan fungsi
1.Menyebutkan macam-macam benda berdasarkan fungsinya
2. Mengelompokkan benda sesuai fungsinya
3. Menunjukkan kegunaan benda

2.Menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik ( seperti: apa yang terjadi ketika air yang ditumpahkan )
1. Menyebutkan apa yang terjadi jika:
a. Warna dicampur
b.benda-benda dimasukkan ke dalam air
c.benda dijatuhkan
d.balon ditiup lalu dilepas
e.proses pertumbuhan tanaman
f. pengamatan dengan kaca pembesar
g.percobaan dengan magnet
2.Membedakan macam-macam rasa, bau dan suara.
3. Membedakan kasar dan halus

3.Menyusun perencanaan kegiatan yang akan dilakukan
1. Membedakan konsep waktu (pagi,siang ,sore,malam)
2. Menyatakan waktu yang dikaitkan dengan jam
3. Menunjukkan waktu kegiatan sehari-hari (waktu tidur,sekolah, makan,bermain)
4.Menyebutkan jumlah hari dalam satu minggu, jumlah bulan dalam satu tahun.


4.Mengenal sebab – akibat tentang lingkungannya ( angin bertiup menyebabkan daun bergerak, air dapat menyebabkan sesuatu menjadi basah )
1. Menceritakan terjadinya hujan
2. Menyebutkan sebab terjadinya banjir
3. Menyebutkan sabab terjadinya tanah longsor
4. Api bisa menyebabkan kebakaran

5.menunjukkan inisiatif dalam memilih tema permainan ( seperti; “Ayo kita bermain pura-pura seperti burung )
1. Memilih jenis permainan sesuai dengan keinginan anak




Lingkup Perkembangan

Tingkat Pencapaian
Perkembangan
5  6 tahun


Indikator




6.Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
1. Menyusun puzzle
2. Mengerjakan maze
3. Menceritakan kembali kejadian di sekitarnya
4. Mencari asal suara
B.Konsep bentuk, warna, ukuran dan pola
1.Mengenal perbedaan berdasarkan ukuran: “lebih dari”, “kurang dari”, dan “paling / ter”.
1. Menunjukan benda mana yang lebih besar dan lebih kecil
2. Menunjukkan benda yang paling besar dan paling kecil
2.Mengklasifikasikan bendaberdasarkan warna, bentuk, dan ukuran (3 variasi )
1. Mengelompokkan benda berdasar  warnanya
2. Mengelompokkan benda berdasar  bentuknya
3. Mengelompokkan benda berdasar  ukurannya

3.Mengklasifikasikan benda yang lebih banyak ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis, atau kelompok berpasangan yang lebih dari 2 variasi.
1. Memasangkan benda sesuai dengan      pasangannya

4.Mengenal pola ABCD-ABCD
1. Memperkirakan urutan berikutnya setelah      melihat bentuk atau warna dari 3-4 pola yang berurutan
2. Meniru pola dengan menggunakan 4 sampai 8 kubus
3. Meniru pola dengan menggunakan berbagai benda
5.Mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling besar atau sebaliknya
1. Mengurutkan benda dari yang paling kecil
2. Mengurutkan benda dari yang paling besar
3. Mengurutkan benda dari yang paling panjang
4. Mengurutkan benda dari yang paling pendek
5. Mengurutkan benda dari yang paling berat
6. Mengurutkan benda dari yang paling ringan





Lingkup Perkembangan

Tingkat Pencapaian
Perkembangan
5  6 tahun


Indikator



C.Konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf
1.Menyebutkan lambang bilangan 1 – 10
1. Menyebutkan urutan bilangan 1-10
2. Membilang dengan benda 1-20
3. Menyebutkan hasil penjumlahan sederhana
4. Menyebutkan hasil pengurangan sederhana
5.Menyebutkan jumlah yang sama dan tidak sama
6. Menunjuk bilangan yang lebih besar dan lebih kecil

2.Mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan
1. Menghubungkan gambar benda dengan lambang bilangan 1-20

3.Mengenal berbagai macam lambang huruf vokal dan konsonan
1.Mengenal berbagai macam lambang huruf vocal
2. Mengenal berbagai macam lambang huruf konsonan
V.Sosial Emosional
V.Sosial Emosional
1.Bersifat kooperatif dengan teman
1.Dapat melaksanakan tugas kelompok
2.Dapat bekerja sama dengan teman
3.Mau bermain dengan teman

2.Menunjukkan sikap toleran
1.Mau meminjamkan miliknya
2. Saling membantu teman yang membutuhkan dengan ikhlas

3.Mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada ( senang-sedih-antusias dsb )
1.Sabar menunggu giliran
2.Mengendalikan emosi dengan cara yang wajar
3. Senang ketika mendapat sesuatu
4.Antusias ketika melakukan kegiatan yang diinginkan

4.Mengenal tatakrama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat
1.Memberi dan membalas salam
2.Berbicara tidak dengan berteriak
3.Melaksanakan adab tata krama

5.Memahami peraturan dan disiplin
1.Datang ke sekolah tepat waktu
2.Mentaati tata tertib sekolah
3.Mentaati aturan dan tata tertib di kelas
4.Mentaati aturan permainan






Lingkup Perkembangan

Tingkat Pencapaian
Perkembangan
5  6 tahun


Indikator




6.Menunjukkan rasa empati
1.Menghibur teman yang sedih
2.Mendoakan teman yang sakit
3.Menjenguk teman yang sakit
4.Menolong teman yang kesusahan
5.Mau berbagi dengan teman

7.Memiliki sikap gigih ( tidak mudah menyerah )
1.Melaksanakan tugas sendiri sampai selesai
2.Dapat menerima kritik
3.Berani bertanya dan menjawab pertanyaan
4.Bertanggung jawab atas tugasnya

8.Bangga terhadap hasil karya sendiri
1.Menunjukkan kebanggan terhadap hasil karyanya
2.Memelihara hasi karya sendiri

9.Menghargai keunggulan orang lain
1.Dapat memuji teman / orang lain
2.Menghargai hasil karya teman / orang lain
3.Menghargai keunggulan teman / orang lain









PR0GRAM TAHUNAN
KURIKULUM RA KARANG
KELOMPOK A
TAHUN PELAJARAN 2011-2012

Lingkup Perkembangan

Tingkat Pencapaian
Perkembangan
4  - 5 Tahun
Indikator

Tidak ada komentar:

Posting Komentar