PROGRAM TAHUNAN
KURIKULUM RA KARANG
KELOMPOK B
TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Lingkup Perkembangan
|
Tingkat
Pencapaian
Perkembangan
5 – 6 tahun
|
Indikator
|
Nilai
– nilai Agama dan Moral
|
1.Mengenal
Tuhan melalui Agama ang dianut
|
1.Menyebutkan 6 rukun iman
2.Menyebutkan beberapa ciptaan Allah
3.Menyebutkan sifat – sifat allah
4.Menyebutkan Asmaul Husna
5.Menyebutkan nama-nama Malaikat Allah
6.Menyebutkan beberapa Nabi / Rasul
Allah
7.Menyebutkan nama – nama kitab suci
Allah
8.Menyebutkan 5 rukun islam
9.Menyebutkan 2 kalimah syahadat
10.Mengucapkan Kalimah Thoyyibah
11.Menyanyikan lagu-lagu islami
12.Menghafal hadis – hadis pendek
pilihan
13.Mengenal Bahasa Arab sederhana
|
2.Membiasakan
diri beribadah
|
1.Menyebutkan Huruf Hijaiyah
2.Dapat
membaca rangkaian huruf hijaiyah yang bersyakal
3.Menghafal
beberapa surat pendek
4.Mempraktekkan
tahapan wudhu / tayammum
5.Mempraktekkan
tahapan gerakan sholat mulai takbirotul ihrom
sampai dengan salam
6.Mempraktekkan
infaq dan sodaqoh
|
Lingkup Perkembangan
|
Tingkat Pencapaian
Perkembangan
5
– 6 tahun
|
Indikator
|
3.Memahami
perilaku mulia ( jujur, penolong, sopan, hormat, dsb )
|
1.Membiasakan
berdo’a sebelum melakukan kegiatan
2.Membiasakan
berdo’a sesudah melakukan kegiatan
3.Melakukan
perbuatan baik terhadap semua makhluk Allah
4.Membiasakan
anak berbicara jujur
5.Membiasakan
berbicara dengan sopan
6.Menghormati
kepada orang tua ( guru, bapak / ibu dan orang yang lebih tua )
|
|
4.Membedakan
perilaku baik dan buruk
|
1.Menyebutkan
perbuatan yang salah dan yang benar
2.Menunjukkan
perbuatan – perbuatan yang benar dan yang salah
3.Melakukan
perbuatan baik
4.Meninggalkan
perbuatan buruk
|
|
5.Mengenal
ritual dan hari besar agama
|
1.Melakukan
ibadah bulan ramadhan
2.Melakukan
ibadah bulan syawal
3.Melaksanak
ibadah di bulan Dzulhijah 4.Praktek
Adzan dan Iqomah
|
|
6.Menghormati
agama orang lain
|
1.Menghormati
teman yang sedang beribadah
2.Dapat
hidup berdampingan dengan teman beragama lain
3.Mengenal toleransi beragama
|
|
II. Fisik
A.Motorik
Kasar
|
1.Menirukan
gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan, keseimbangan dan
kelincahan
|
1.Melakukan gerak seimbang pada saat duduk dan
berdiri.
2.Memutar dan mengayunkan tangan.
3.Meliukkan tubuh dan membungkukkan badan .
4.Berdiri dengan tumit diatas satu kaki dngan seimbang.
5.Berjalan diatas satu kaki dngan seimbang.
6.Berlari sambil melompat dengan seimbang tanpa jatuh.
7.Memanjat,bergantung dan berayun .
8.Naik otopet,sepeda roda dua.
9.Bermain simpai.
|
Lingkup Perkembangan
|
Tingkat
Pencapaian
Perkembangan
5
– 6 tahun
|
Indikator
|
2.Melakukan
koordinasi gerakan kaki- tangan-kepala dalam melakukan tarian / senam
|
1,Mengikuti gerakan senam dengan runtut.
2.Mengikuti gerakan tari sederhana sesuai
irama
musik.
3.Senam fantasi sesuai dengan tema,misal:meniru gerak binatang, meniru
gerak tanaman dengan lincah
|
|
3.Melakukan
permainan fisik dengan teratur
|
1.Berjalan ke berbagai arah dengan berbagai cara.
2.melompat ke berbagai arah dengan satu atau dua
kaki.
3.Melompat dari ketinggian 30 -50 cm.
4. Merayap dan merangkak dengan berbagai variasi.
|
|
4.Trampil
menggunakan tangan kanan dan kiri
|
1.Melambungkan berbagai objek dalam bentuk dan ukuran dengan satu atau
dua tangan.
a.Melambungkan
bola kecil sedang dan besar
b.Melambungkan
mainan dari kertas
c.Melambungkan
balon dll.
2.Menangkap berbagai objek dalam bentuk dan ukuran dengan satu atau dua tangan.
-Menangkap bola kecil sedang dan besar
-Menangkap kantong biji
3.Melempar objek ke sasaran (kantong
biji,bola kedalam keranjang) dll.
4.Memantulkan bola kecil,sedang dan besar.
|
|
5.Melakukan
kegiatan kebersihan diri
|
1,Melakukan kegiatan membersihkan badan(mandi,sikat
gigi,buang air kecil dan buang air besar ) sendiri.
2.Mecuci alat makannya sendiri.
3.Latihan mencuci pakaiannya sendiri dengan bantuan.
|
|
Lingkup Perkembangan
|
Tingkat
Pencapaian
Perkembangan
5
– 6 tahun
|
Indikator
|
B.Motorik Halus
|
1.Menggambar sesuai gagasannya.
|
a. Menggambar dengan berbagai bentuk gometri
b. Menggambar sesuai dengan tema
c .Menggambar bebas dengan berbagai media
|
2.Meniru
bentuk.
|
1.Menirukan berbagai bentuk garis tegak, datar,
miring, lengkung dan lingkaran )
2. Melipat dengan berbagai bentuk
3.Mencontoh
gambar
|
|
3.Melakukan
eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan.
|
1.Membentuk dengan media ( plastisin, plydough /
tanah liat )
2.Menjahit dengan
berbagai bentuk variasi ( jelujur,silang, zig zag )
3.Mencocok bentuk yang dibuat sendiri/ disediakan
guru
4.Menyusun balok berbagai ukuran menjadi bentuk
tertentu
5.Meronce dengan berbagai media
6.Melukis dengan jari /finger painting
7.Bermain warna
|
|
4.Menggunakan
alat tulis dengan benar.
|
1.Memegang alat tulis
dengan benar
a.Memegang pensil
dengan benar
b.Menggunakan alat tulis dengan benar
c.Membuat berbagai macam
coretan dengan pensil
2.Mencontoh bermacam-macam huruf
3.Melanjutkan huruf dalam kalimat
|
|
5.Menggunting sesuai dengan pola.
|
1.Menggunting dengan
berbagai bentuk
2.Membuat mainan dari hasil menggunting
|
|
6.Menempel gambar dengan tepat.
|
1.Menempel gambar hasil merobek
kertas sesuai dengan pola
2.Menempel gambar/ puzzel
3.Menempel guntingan kertas / muzaik
4.Menempel gambar hasil
mencocok
|
|
7.Mengekspresikan diri melalui gerakan mnggambar
secara detail.
|
1.Menggambar bebas
2.Melukis dengan berbagai
media
(misal: menggunakan bulu ayam, kuas, lidi dll )
|
Lingkup Perkembangan
|
Tingkat
Pencapaian
Perkembangan
5
– 6 tahun
|
Indikator
|
C.
Kesehatan Fisik
|
1.Memiliki
kesesuaian antara usia dengan berat badan
|
1.Menimbang berat badan anak
secara berkala.
|
2.Memiliki kesesuaian antara usia dengan tinggi
badan
|
1Mengukur tinggi badan anak
secara berkala.
|
|
3.Memiliki kesesuaian antara tinggi dengan berat
badan
|
1.Mengukur lingkar kepala
3.Mengukur lingkar lengan
3.Menjaga kebersihan diri secara lengkap (Rambut,gigi,kuku,telinga dan
kulit )
4.Membiasakan makan secara
teratur .
5.Melatih pola makan yang
seimbang.
|
|
III.BAHASA
A.Menerima
bahasa
|
1.Mengerti
beberapa perintah secara bersamaan
|
1.Melakukan
3-4 perintah
2.Meniru
kembali 4-5 kata
3.Melakukan
perintah ( jongkok duduk dan berdiri,
Menghadap kanan dan kiri, dll )
4.Menyebutkan arah ( selatan, utara barat , timur , atas dan bawah )
|
2.Mengulang kalimat yang lebih kompleks
|
1.Menirukan
beberapa lagu sederhana
2.Menirukan
sajak/syair
3.Mengulang kalimat yang disampaikan oleh guru
|
|
3.Memahami aturan dalam suatu permainan
|
1.Mentaati aturan permainan
|
|
B.Mengungkapkan
Bahasa
|
1.Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks
|
1.Menjawab
pertanyaan keterangan / /informasi.
2.Menjawab
pertanyaan ( apa, mengapa, di mana, siapa, berapa, dll )
3.Menyebutkan
identitas diri
4.Menjawab
pertanyaan tentang cerita pendek yang sudah diceritakan guru
|
2.Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi
yang sama
|
1.Menyebutkan
berbagai bunyi / suara tertentu
2.Mengelompokkan macam-macam gambar yang mempunyai
bunyi yang sama
|
|
3.Berkomunikasi secara lisan, memiliki
perbendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol untuk persiapan membaca
|
1.Bercerita
tentang kejadian sederhana di sekitarnya
2.Memberi
keterangan / informasi tentang sesuatu hal
|
|
Lingkup Perkembangan
|
Tingkat Pencapaian
Perkembangan
5
– 6 tahun
|
Indikator
|
4.Menyusun kalimat sederhana dalam struktur
lengkap
|
1.Membuat
kalimat sderhana
2.Melengkapi
kalimat sederhana
3.Menyempurnakan kalimat
|
|
5.Memiliki lebih banyak kata-kata untuk
mengekspresikan ide pada orang lain
|
1.Mengekspresikan
diri melalui dramatisasi
2.Melengkapi
kalimat sederhana yang sudah dimulai oleh guru.
3.Mengungkapkan pendapat secara sederhana
|
|
6.Melanjutkan sebagian cerita / dongeng yang telah
diperdengarkan
|
1.Melanjutkan
cerita guru / teman secara urut
yang
telah didengar
2.Menceritakan cerita guru / teman yang telah
didengar
|
|
C.Keaksaraan
|
1.Menyebutkan
simbol-simbol huruf yang dikenal
|
1.Mengenal
huruf abjad
2.Mengenal
angka
|
2.Mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda
yang ada di sekitarnya
|
1.Membedakan
kata yang mempunyai suku kata awal/akhir yang sama: kaki, kali, nama, sama
|
|
3.Menyebutkan kelompok gambar yang mempunyai bunyi
/ huruf awal yang sama
|
1.Menyebutkan
kata, misal: buku-bulan, katak –
kadal, apel-anggur dll
2.Menghubungkan
gambar / benda dengan kata - kata
|
|
4.Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf
|
1.Membaca
beberapa kata berdasarkan gambar huruf – huruf dan lambang yang dikenal /
dilihatnya
2.Membuat
gambar dan menceritakan isi gambar dengan beberapa cerita/tulisan yang sudah
berbentuk huruf
|
|
5.Membaca nama sendiri
|
1.Menyebutkan
nama sendiri dengan lengkap
2.Mengenali
benda milik sendiri ( absen, buku, crayon, dll )
|
|
6.Menuliskan nama sendiri
|
1.
Menuliskan nama sendiri dengan lengkap
|
Lingkup Perkembangan
|
Tingkat
Pencapaian
Perkembangan
5
– 6 tahun
|
Indikator
|
IV.KOGNITIF
A.Pengetahuan Umum dan Sains
|
1.Mengklasifikasi benda berdasarkan
fungsi
|
1.Menyebutkan macam-macam benda berdasarkan
fungsinya
2.
Mengelompokkan benda sesuai fungsinya
3.
Menunjukkan kegunaan benda
|
2.Menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif
dan menyelidik ( seperti: apa yang terjadi ketika air yang ditumpahkan )
|
1.
Menyebutkan apa yang terjadi jika:
a.
Warna dicampur
b.benda-benda
dimasukkan ke dalam air
c.benda
dijatuhkan
d.balon
ditiup lalu dilepas
e.proses
pertumbuhan tanaman
f.
pengamatan dengan kaca pembesar
g.percobaan
dengan magnet
2.Membedakan
macam-macam rasa, bau dan suara.
3.
Membedakan kasar dan halus
|
|
3.Menyusun perencanaan kegiatan yang akan
dilakukan
|
1.
Membedakan konsep waktu (pagi,siang ,sore,malam)
2.
Menyatakan waktu yang dikaitkan dengan jam
3.
Menunjukkan waktu kegiatan sehari-hari (waktu tidur,sekolah, makan,bermain)
4.Menyebutkan
jumlah hari dalam satu minggu, jumlah bulan dalam satu tahun.
|
|
4.Mengenal
sebab – akibat tentang lingkungannya ( angin bertiup menyebabkan daun
bergerak, air dapat menyebabkan sesuatu menjadi basah )
|
1.
Menceritakan terjadinya hujan
2.
Menyebutkan sebab terjadinya banjir
3.
Menyebutkan sabab terjadinya tanah longsor
4.
Api bisa menyebabkan kebakaran
|
|
5.menunjukkan
inisiatif dalam memilih tema permainan ( seperti; “Ayo kita bermain pura-pura
seperti burung )
|
1.
Memilih jenis permainan sesuai dengan keinginan anak
|
Lingkup Perkembangan
|
Tingkat
Pencapaian
Perkembangan
5
– 6 tahun
|
Indikator
|
6.Memecahkan
masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
|
1.
Menyusun puzzle
2.
Mengerjakan maze
3.
Menceritakan kembali kejadian di sekitarnya
4.
Mencari asal suara
|
|
B.Konsep
bentuk, warna, ukuran dan pola
|
1.Mengenal
perbedaan berdasarkan ukuran: “lebih dari”, “kurang dari”, dan “paling /
ter”.
|
1.
Menunjukan benda mana yang lebih besar dan lebih kecil
2.
Menunjukkan benda yang paling besar dan paling kecil
|
2.Mengklasifikasikan
bendaberdasarkan warna, bentuk, dan ukuran (3 variasi )
|
1.
Mengelompokkan benda berdasar warnanya
2.
Mengelompokkan benda berdasar
bentuknya
3.
Mengelompokkan benda berdasar
ukurannya
|
|
3.Mengklasifikasikan
benda yang lebih banyak ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang
sejenis, atau kelompok berpasangan yang lebih dari 2 variasi.
|
1.
Memasangkan benda sesuai dengan
pasangannya
|
|
4.Mengenal
pola ABCD-ABCD
|
1.
Memperkirakan urutan berikutnya setelah
melihat bentuk atau warna dari 3-4 pola yang berurutan
2.
Meniru pola dengan menggunakan 4 sampai 8 kubus
3.
Meniru pola dengan menggunakan berbagai benda
|
|
5.Mengurutkan
benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling besar atau sebaliknya
|
1.
Mengurutkan benda dari yang paling kecil
2.
Mengurutkan benda dari yang paling besar
3.
Mengurutkan benda dari yang paling panjang
4.
Mengurutkan benda dari yang paling pendek
5.
Mengurutkan benda dari yang paling berat
6.
Mengurutkan benda dari yang paling ringan
|
Lingkup Perkembangan
|
Tingkat
Pencapaian
Perkembangan
5
– 6 tahun
|
Indikator
|
C.Konsep
bilangan, lambang bilangan dan huruf
|
1.Menyebutkan
lambang bilangan 1 – 10
|
1.
Menyebutkan urutan bilangan 1-10
2.
Membilang dengan benda 1-20
3.
Menyebutkan hasil penjumlahan sederhana
4.
Menyebutkan hasil pengurangan sederhana
5.Menyebutkan
jumlah yang sama dan tidak sama
6.
Menunjuk bilangan yang lebih besar dan lebih kecil
|
2.Mencocokkan
bilangan dengan lambang bilangan
|
1.
Menghubungkan gambar benda dengan lambang bilangan 1-20
|
|
3.Mengenal
berbagai macam lambang huruf vokal dan konsonan
|
1.Mengenal berbagai macam lambang huruf
vocal
2. Mengenal berbagai macam lambang huruf
konsonan
|
|
V.Sosial
Emosional
V.Sosial
Emosional
|
1.Bersifat
kooperatif dengan teman
|
1.Dapat
melaksanakan tugas kelompok
2.Dapat
bekerja sama dengan teman
3.Mau
bermain dengan teman
|
2.Menunjukkan
sikap toleran
|
1.Mau
meminjamkan miliknya
2.
Saling membantu teman yang membutuhkan dengan ikhlas
|
|
3.Mengekspresikan
emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada ( senang-sedih-antusias dsb )
|
1.Sabar
menunggu giliran
2.Mengendalikan
emosi dengan cara yang wajar
3.
Senang ketika mendapat sesuatu
4.Antusias
ketika melakukan kegiatan yang diinginkan
|
|
4.Mengenal
tatakrama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat
|
1.Memberi
dan membalas salam
2.Berbicara
tidak dengan berteriak
3.Melaksanakan
adab tata krama
|
|
5.Memahami
peraturan dan disiplin
|
1.Datang
ke sekolah tepat waktu
2.Mentaati
tata tertib sekolah
3.Mentaati
aturan dan tata tertib di kelas
4.Mentaati
aturan permainan
|
|
Lingkup Perkembangan
|
Tingkat
Pencapaian
Perkembangan
5
– 6 tahun
|
Indikator
|
6.Menunjukkan
rasa empati
|
1.Menghibur
teman yang sedih
2.Mendoakan
teman yang sakit
3.Menjenguk
teman yang sakit
4.Menolong
teman yang kesusahan
5.Mau
berbagi dengan teman
|
|
7.Memiliki
sikap gigih ( tidak mudah menyerah )
|
1.Melaksanakan
tugas sendiri sampai selesai
2.Dapat
menerima kritik
3.Berani
bertanya dan menjawab pertanyaan
4.Bertanggung
jawab atas tugasnya
|
|
8.Bangga
terhadap hasil karya sendiri
|
1.Menunjukkan
kebanggan terhadap hasil karyanya
2.Memelihara
hasi karya sendiri
|
|
9.Menghargai
keunggulan orang lain
|
1.Dapat
memuji teman / orang lain
2.Menghargai
hasil karya teman / orang lain
3.Menghargai
keunggulan teman / orang lain
|
PR0GRAM TAHUNAN
KURIKULUM RA KARANG
KELOMPOK A
TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Lingkup
Perkembangan
|
Tingkat
Pencapaian
Perkembangan
4 - 5 Tahun
|
Indikator
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar